20 tahun menabung untuk umroh dari jualan padi dan ubi di Lombok, pria ini malah ditipu biro travel – Sebuah unggahan di Twitter menjadi Viral. Dalam unggahannya tersebut, terdapat tangkapan layar Instagram Story yang menunjukkan pria menggunakan peci dan berkemeja batik.

Foto tersebut viral setelah diunggah oleh akun Twitter @risjadrifqi pada Rabu (30/5/2018). Diketahui pria yang duduk itu ternyata korban penipuan travel agen yang menjanjikan untuk bisa umrah.

Dari keterangan yang ada pria ini dijanjikan umrah dan haji dengan biaya Rp 50 juta. Karena sudah ingin pergi untuk beribadah umrah dan haji, pria ini langsung percaya.

Pria ini ditipu dan ditelantarkan biro umrah

Ia menabung selama 20 tahun dari jualan padi dan ubi di Lombok untuk bisa pergi umrah. Kemudian pria ini berangkat umrah dan sudah berada lima hari di Mekkah.
Namun, pria ini malah ditinggalkan begitu saja oleh pihak yang memberangkatkannya. Akhirnya, pria ini ditangkap dan dibawa oleh Muassasah (penanggung jawab umrah). Kemudian ia dititipkan untuk pulang bersama rombongan lainnya karena pria ini tidak tahu cara untuk pulang.

Pria ini dikabarkan berangkat sendirian dan hanya membawa tiga pakaian ganti. Ia juga tidak membawa ponsel. Karena unggahannya yang viral, banyak netizen yang meminta bantuan Kementrian Agama.

Respon Kementerian Agama

 

20 tahun menabung untuk umroh dari jualan padi dan ubi di Lombok, pria ini malah ditipu biro travel
20 tahun menabung untuk umroh dari jualan padi dan ubi di Lombok, pria ini malah ditipu biro travel

Akhirnya, Menteri Agama Ri, Lukman Hakim Saifuddin memberikan respon terkait insiden ini. Dalam cuitan di akun Twitter @lukmansaifuddin, ia memberi respon. Lukman menuliskan pria yang bersangkutan ini sudah tiba di Jakarta pada 28 Mei 2018.

Ia menambahkan bahwa saat ini Kementrian Agama sedang mengusut biro travel yang memberangkatkan dan menelantarkan pria yang bersangkutan itu.