Dokter Li Wenliang, Dokter yang dari Wuhan dan petugas kesehatan yang pertama kali memberikan peringatan terhadap warga di China terkait gejala-gejala dari para pasien di Rumah Sakit tempat beliau bekerja. Dokter Li melihat gejala-gejala yang merujuk pada gejala yang pernah dialami oleh China di tahun 2003 lalu.

Dokter Li Wenliang – Pahlawan Abadi Wuhan, China.

Dokter Li Wenliang Selamat Jalan
Foto Dokter Li Wenliang

Setelahnya Beliau memberikan informasi kepada rekan kerja sesama dokter dan teman-teman sekolahnya dahulu terkait adanya kemungkinan wabah virus baru. Hal ini membuat dokter Li di tangkap oleh polisi setempat dengan tuduhan menyebarkan informasi palsu yang menimbulkan keresahan warga. Akhirnya Li dipaksa membuat surat pernyataan oleh polisi Wuhan jika ia telah menyebarkan rumor palsu. Beberapa minggu kemudian banyak warga yang terkena SARS, setelah pemerintah memberikan pernyataan bahwa virus tersebut tidak bisa terinsfeksi antar manusia.

Banyak pengamat yang menyalahkan pemerintahan China. Andai mereka memberikan peringatan lebih awal kepada warga, akan banyak warga yang tertolong, sampai hari ini terkonfirmasi sudah 740 manusia yang meninggal karena virus Corona(2019-nCoV). Dan memiliki kemungkinan korban jiwa akan terus bertambah. Sangat disayangkan lambatnya respon dari pemerintah China dan malah sibuk mengurus hak paten terkait obat antivirus dari Corona.
Baca Juga: Setelah Cerai Faisal Haris Tetap Minta Hubungan Badan Dengan Sarita Abdul Mukti

Baca Juga: Dokter Li Wenliang, Virus Corona dan Kebebasan Berpendapat

Selamat jalan pahlawan abadi dari China, Dokter Li. Terimakasih atas pengabdianmu dan semoga tenang disisi-Nya.